3/19/2013

Sensasi dan Persepsi


          Sensasi adalah proses merasakan lingkungan sekitar kita melalui indera kita, baik itu penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba maupun perasa. Kelima indera tersebut sangatlah penting bagi sebuah proses sensasi tersebut. Tanpa Indera kita tidak dapat merasakan atau sensasi pada sesuatu hal. Seperti menurut Aristoteles yang mengatakan bahwa dengan indera kita dapat mengetahui atau merasakan(sensasi) sebuah kebenaran atau ilmu pengetahuan.
           Sedangkan Persepsi adalah proses menerjemahkan sensasi dengan indera dan membuat informasi dari indera kiat tadi menjadi bermakna. Tetapi kita sering menemukan bahwa persepsi orang itu berbeda-beda. Pemberian makna setiap orang pada suatu hal itu berbeda-beda apakah benar begitu ? Jika benar apakah ada faktor yang mempengaruhi perbedaan persepsi ? Seperti yang dikatakan Plato bahwa Indera menghalangi suatu kebenaran atau ilmu pengetahuan yang menyebabkan perbedaan persepsi setiap orang karena keterbatasan indera kita itu tadi. Untuk lebih jelasnya kita bahas faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi setiap orang.
          pada pengalaman saya.seperti saat saya dipukul atau disentuh saya merasakan perasaan yang berbeda-beda tergantung situasi dan objek yang saya sentuh.seperti saat saya dipukul dengan teman saya maka pada situasi sedang bercanda maka persepsi saya hanya tersenyum dan berpikir dia tidak serius untuk memukul saya,tetapi hanya sebagai candaan saja.dan saya juga pernah memiliki pengalaman disaat saya ingin pergi keluar rumah.saat itu saya melihat ke langit untuk melihat bagaimana cuaca saat itu.saat itu saya melihat bahwa cuaca sangat cerah dan saya memutuskan untuk pergi keluar bersama saudara saya.namu tidak begitu lama saat saya pergi dengan saudara saya,disaat itu juga yang saya pikir tidak akan hujan malah hujan cukup deras.jadi saya tidak bisa melanjutkan rencana kami untuk pergi.seperti nya itu beberapa pengalaman saya mengenai sensasi dan persepsi ini.
terima kasih untuk perhatiannya
wassalamualaikum warrahmatullahi wabbarakatuh

No comments:

Post a Comment